Fansub adalah fans subtitled, yaitu film (anime) yang sudah ditayangkan telah di ALIH Bahasakan dan diberi teks terjemahan (subtitle) ke dalam bahasa selain bahasa aslinya oleh Fans-subber .Biasanya ada beberapa bagian untuk menjadi Fansub diantaranya:

*.Penyedia RAW

*.TL

*.Timer

*.Typesetter

*.Karaoke Effect

*.Editor

*.Encoder

*.QC

*.Distro Penyedia/Pengupload

Pengertian RAW

Raw Adalah Orang yang menyediakan file mentah dimana video tersebut belum ada teks terjemahan (subtitle). Biasanya orang ini akan merekam baik dari TVrip ataupun web streaming untuk mendapatkan (video anime), atau bisa juga dari DVD/Blu-ray yang telah dibeli. Penyedia RAW biasanya orang-orang yang tinggal dimana letak Sumber Anime tersebut berada, jadi jika ada rilisan fansub telat biasanya terletak pada penyedia RAW yang telat membagikan rekamannya ke yang lain.

Pengertian TL (Translator)

[Penerjemah] Setelah Raw tersedia kini Penerjemah yang akan memulai pekerjaannya dengan menterjemahkan sesuai dengan pendengarannya, biasanya proses di sini akan memakan waktu agak sedikit lama karena penerjemah terus mengulang-ulang dialog/bahasa agar lebih akurat hasilnya. Sekian itu saja yang dapat saya Infokan!!!coollogo-com-163231413.png