hacker-cool.png
~~Hacker~~


- Hacker merupakan orang yang melakukan proses hacking atau peretasan terhadap suatu sistem, sehingga orang atau kelompok hacker ini bisa masuk ke dalam sebuah sistem. Ketika seseorang atau kelompok sudah masuk ke dalam sistem, baik melalui wormhole ataupun metode lainya, maka proses hacking sudah terlaksana. Proses yang dilakukan oleh hacker biasanya hanya sampai pada masuk ke dalam jaringan atau sistem tertentu saja. Pada dasarnya hacker bertujuan untuk menyusup dan masuk ke dalam suatu sistem.

~~Cracker~~



- Sedangkan Cracker, memiliki proses yang kurang lebih sama seperti hacker. Cracker pada awalnya akan masuk dan menyusup ke dalam suatu sistem ataupun jaringan. Ketika cracker sudah berhasil masuk dan menyusup ke dalam suatu sistem atau jaringan, maka kemudian cracker tersebut akan mengutak atik jaringan tersebut secara illegal tentunya, seperti melakukan penghapusan data, mengcopy data, mengubah konen, dan sebagainya, denganintensi untuk merugikan pihak pihak tertentu, dan mengambil keuntungan Bagi diri sendiri.

Kesimpulan Dari Hacker Dan Cracker!

- Setelah melihat mengenai perbedaan antara cracker dan juga hacker, maka bisa kita buat beberapa kesimpulan, yaitu :

1.=> Hacker merupakan seseorang yang melakukan penyusupan dan peretasan ke dalam suatu sistem saja, sedangkan cracker masuk dan menyusup ke dalam sistem atau jaringan untuk tujuan yang tidak baik pastinya

2.=> Hacker banyak memberikan masukan kepada developer mengenai Kelemahan dari sistem yang dikembangkan, sedangkan cracker tidak

3.=> Hacker pada dasarnya merupakan pekerjaan yang “baik” karena membantu mencari kelemahan sistem, sedangkan cracker lebih sering dikonotasikan dengan hacker yang jahat.

4.=> Hacker melakukan tugasnya untuk membantu developer dalam mengembangkan sistem, terutama dari segi keamanan sistem, sedangkan cracker bekerja untuk motif – motif tertentu, seperti pembalasan dendam, pembajakan, serta pengambilan keuntungan pribadi dari hasil penyusupan ke dalam sistem.

5.=> Pada dasarnya, hacker dan juga cracker memiliki teknik, serta kemampuan yang tidak jauh berbeda, karena sama – sama mampu untuk menyusup dan masukke dalam jaringan atau sistem tanpa dideteksi. Yang membedakan hanyalah motif yang dilakukan dalam proses penyusupan.

6.=> Baik hacker dan juga cracker bisa saling bekerja sama, terutama untuk kepentingan khusus, seperti kepentingan penyidikan dalam Beberapa Misi, mencari buronan dan daftar pencarian orang untuk membantu polisi pastinya.
Sumber : https://dosenit.com/